Menarik Perhatian, Inilah 5 Hewan Endemik Paling Unik di Negara Somalia

Hewan endemik adalah bagian tak terpisahkan dari keberagaman flora yang ada dalam suatu negara.

Salah satu negara yang kaya akan warisan alam maupun kehidupan hewan endemik dan hanya dapat ditemukan di negara ini yaitu Somalia.

Negara Somalia menyajikan keanekaragaman ekosistem yang menjadi rumah bagi beberapa hewan endemik yang mengundang rasa ingin tahu. Terdapat banyak spesies mamalia, reptil hingga burung yang hidup di  negara ini.

Lantas, apa saja hewan endemik yang ada di Somalia? Temukan jawaban selengkapnya pada artikel berikut ini, ya!

1. Honey Badgers

Hewan endemik ini dikenal dengan sifatnya yang sangat agresif. Mereka adalah hewan tangguh yang dapat bertahan di berbagai kondisi cuaca ekstrem.

Menurut laman resmi Birdwatchinghq, honey badger memiliki bulu hitam dan putih di punggung dan kepala.

Selain itu, mereka memiliki mata kecil dan panjang tubuh rata-rata sekitar 55 sentimeter. Saat musim kawin, jantan akan mempertahankan wilayahnya dengan gigih dari pejantan lainnya.

Madu badger makan berbagai hal, termasuk burung, katak, dan sarang madu.

2. Klipspringer

Selain dikenal banyaknya universitas terbaik di Somalia, ternyata negara ini juga menjadi habitat berbagai spesies antelop dan yang paling menarik perhatian banyak orang adalah klipspringer. Memiliki tubuh dan tanduk lebih kecil dibandingkan antelop lainnya.

Klipspringer berjalan di ujung kukunya yang berbentuk silinder. Mereka dikenal setia kepada pasangannya dan sering terlibat dalam pertarungan adu kepala serta gigitan di alam liar.

3. Somali Ostrich

Hewan ini dikenal dengan burung unta Somalia merupakan spesies endemik asli. Dulunya banyak ditemukan di wilayah tengah dan selatan Somalia, namun sekarang sulit ditemukan di habitat aslinya.

Dilansir dari laman Kevmrc, hewan endemik ini terancam punah karena perburuan liar dan kurangnya upaya penangkaran. Mereka termasuk dalam spesies burung yang tidak dapat terbang.

4. Rock Hyrax

Fakta unik negara Somalia memiliki hewan endemik yang punya nama lain seperti cape hyrax, coney, dan rock rabbit. Meskipun mirip tikus, ukuran tubuhnya lebih besar. Paling mengejutkan, rock hyrax memiliki kekerabatan dengan gajah.

Mereka hidup di dataran tinggi hingga 4200 meter di atas permukaan laut dan membuat sarang di celah-celah bebatuan untuk melindungi diri dari predator.

5. Cheetah

Hewan endemik adalah salah satu predator darat dari keluarga kucing (Felidae) ini dikenal dengan Cheetah. Hewan ini satu spesies dengan macan tutul, harimau, dan kucing lokal yang sering dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Cheetah terkenal sebagai mamalia dengan kecepatan tertinggi di darat, mampu mencapai kecepatan hingga 100 km/jam dalam waktu hanya 3 detik.

Kecepatannya bahkan melebihi mobil sport terkenal seperti Lamborghini atau Porsche.

Habitat alami cheetah terdapat di padang rumput luas Afrika, termasuk di wilayah Uganda, Tanzania, Sudan, Kenya, dan Ethiopia.

Itulah informasi mengenai lima hewan endemik populer dan unik yang bisa kamu temui di negara Somalia. Siap melihat langsung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *