Profil Negara Qatar

Telukpersia – Profil Negara Qatar. Qatar adalah sebuah Negara yang berada di Semenanjung Arab, Timur Tengah Asia Barat. Satu-satunya perbatasan darat yang Negara Qatar miliki berada di Selatan dengan Negara Arab Saudi.

Berikut Batas-batas wilayah Negara Qatar:

Utara : dengan Teluk Persia

Bagian Selatan: berbatasan dengan Arab Saudi

Barat: berbatasan dengan Teluk Persia

Bagian timur: berbatasan dengan Teluk Persia

Profil Umum Negara Qatar

Nama Lengkap                : State of Qatar

Nama Lokal                      : Dawlat Qatar , دولة قطر

Bentuk Pemerintahan    : Monarki Absolut

Kepala Negara                 : Emir TAMIM bin Hamad Al Thani (sejak 25 Juni 2013)

Kepala Pemerintahan    : Perdana Menteri Sheikh KHALID ibn Khalifa ibn Abdul Aziz Al Thani (sejak 28 Januari 2020)

Badan Legislatif               : مجلس الشورى Majlis asy-Syura

Ibukota                             : Doha

Luas Wilayah                   : 11.586 km2

Jumlah Penduduk           : 2.444.174 jiwa jiwa (2020)

Pertumbuhan Penduduk : 1,55% (2016)

Angka Kelahiran              : 9,3 bayi per 1000 penduduk (2016)

Bahasa Resmi                  : Arab

Agama                               : Islam 67,7%, Kristen 13,8%, Hindu 13,8%, Buddha 3,1% (2010)

Mata Uang :                     Rial Qatar (QAR) (ر.ق)

Hari Nasional                   : 3 September 1971 (Hari kemerdekaan dari Inggris); 18 Desember 1878 (Hari Nasional Qatar)

Lagu Kebangsaan            : “Al-Salam Al-Amiri” (The Amiri Salute) , السلام الأميري

Kode Domain Internet   : .qa , قطر.

Kode Telepon                  : +974

Situs Resmi Kepresidenan           : https://hukoomi.gov.qa/

Zona Waktu Waktu Standar Arab : (AST) (UTC+3)

Pendapatan Per Kapita : US$. 124.100,- (2017)

Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 339,5 miliar (2017)

Lokasi                                : Benua Asia (Timur Tengah)

Profil Negara Qatar – Bendera Qatar

Profil Negara Qatar

Profil Negara Qatar – Pembagian Administratif

Pada tahun 2014, Qatar telah dibagi menjadi 8 Baladiyah. Untuk tujuan statistik, Baladiyah kemudian dibagi lagi menjadi 98 zona (Data 2015), yang pada gilirannya dibagi lagi menjadi beberapa blok.

Qatar terbagi menjadi 8 baladiyah sejak 2014:

Profil Negara Qatar

  1. Al Shamal
  2. Al Khor
  3. Al-Shahaniya
  4. Umm Salal
  5. Al Daayen
  6. Doha
  7. Al Rayyan
  8. Al Wakrah.

Geografi

Semenjanjung Negara Qatar menjorok 160 KM ke Teluk Persia pada sebelah utara Arab Saudi. Letak Astronomis Negara Qatar adalah 24°LU hingga 27°LU dan 50°BT hingga 52°BT. Luas wilayah negara Qatar adalah 11.571 km².

Sebagian besar Negara ini terdiri atas dataran rendah yang tandus dan tertutup pasir. Sebagian besar tenggara terdapat Khor al Adaid yang merupakan sebuah area perbukitan pasir di Qatar yang mengelilingi Teluk peris. Walaupun demikian, Qatar tetap memiliki cadangan minyak, gas dan petrokimia yang sangat besar.

Titik tertinggi Negara Qatar berada di Qurayn Abu al Bawl dengan ketinggian 103 meter di Jebel Dukhan. Daerah Jebel Dukhan juga banyak mengandung deposit minyak darat utama Qatar, sementara ladang gas alam terletak di lepas pantai barat laut negara Qatar.

Demografi

Populasi Negara Qatar sangat berfluktuasi tergantung pada musim karena negara ini sangat bergantung pada buruh imigran. Pada awal 2017, populasi Qatar berjumlah 2,6 juta dengan orang asing non-Arab merupakan mayoritasnya. Hanya 313.000 orang (12% populasi) yang merupakan warga negara Qatar, sementara sisanya 2,3 juta (88% populasi) adalah ekspatriat.

Agama

Penduduk Qatar mayoritas beragama Islam. hanya sebagian warga Qatar dari gerakan Wahhabisme Muslim Salafi, dan antara 5-15% Muslim di Qatar merupakan penganut Islam Syiah dan sekte-sekte lainnya yang jumlahnya kecil.

Populasi agama selain Islam merupakan warga pendatang yang menetap hidup di Qatar. Sejak tahun 2008, orang Kristen diizinkan untuk membangun gereja di tanah yang disumbangkan oleh pemerintah, walaupun untuk kegiatan misionaris masih dilarang.

Ekonomi

Tulang punggung perekonomin Negara Qatar merupakan industri pertambangan Gas Alam dan Minyak Bumi. Qatar merupakan pengekspor Gas alam terbesar ke-2 di dunia dengan jumlah ekspornya 118,9 miliar meter kubik (data 2014).

Qatar juga tercatat sebagai negara pengekspor minyak bumi terbesar di dunia yaitu sebesar 1,303 juta barrel per hari (2013). Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 339,5 miliar.

Bahasa Qatar

Warga Qatar menggunakan bahasa Arab untuk berkomunikasi resmi. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang kedua, terutama dalam urusan perdagangan. Selain bahasa Inggris, terdapat bahasa lain yaitu bahasa Persia, Baluchi, Brahui, Hindi, Malayalam, Urdu, Pashto, Kannada, Tamil, Telugu, Nepali, Sinhala, Bengali, Tagalog, dan bahasa Indonesia.

Akhir Kata

Nah itu tadi profil Negara Qatar lengkap dengan perekonomiannya. Berikut tempat wisata di Qatar yang paling populer. Semoga artikel ini membantu Anda untuk menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.