Profil Negara Libya

Telukpersia – Profil Negara Libya. Sejarah nama Negara “Libya” berasal dari bahasa Mesir “Lebu”, sebutan ini bagi orang-orang Berber yang tinggal di sebelah barat Sungat Nil, dan diadopsi oleh bahasa Yunani sebagai “Libya”.

Pada zaman Yunani kuno, istilah ini memiliki arti yang lebih luas, mencakup seluruh Afrika Utara di sebelah barat Mesir dan terkadang ditujukan untuk seluruh benua di Afrika.

Semula, Negara Libya merupakan sebuah kerjaan yang didirikan pada 24 Desember 1951. Raja Idris I bertindak sebagai pemimpin pemerintahan. Italia kemudian merebut Libya dari Kekaisaran Ottoman (Turki) dan menjadikan wilayah ini sebagai jajahannya.

Profil Negara Libya

Nama resmi : Negara Libya/ دولة ليبيا /Dawlat Libya (Arab)

Ibu kota : Tripoli

Semboyan : حُريّة، عَدالة، ديمقراطيّة /Ḥurrīyah, ʿAdālah, Dīmuqrāṭīyah/ (Arab: “Kebebasan, Keadilan, Demokrasi”)

Lagu kebangsaan : ليبيا ليبيا ليبيا /Libya, Libya, Libya

Bentuk Pemerintahan : Pemerintahan sementara

Sistem Pemerintahan : –

Kemerdekaan Dari Italia: 10 Februari 1947 /Perwalian PBB: 24 Desember 1951/ Kudeta Muammar al-Qaddafi: 1 September 1969 /Perang saudara Libya: 17 Februari 2011 /Penyerahan ke Kongres Nasional Umum: 8 Agustus 2012

Kepala Negara : Kepala Dewan Kepresidenan

Kepala Pemerintahan : Plt. Perdana Menteri

Badan Legislatif : مجلس النواب / Majlis an-Nuwab / Dewan Negara

Bahasa Nasional : Arab dan Berber

Agama : Islam, Ateis, Kristiani, Yahudi

Mata Uang : Dinar Libya (ل.د) (LYD)

Zona Waktu : Waktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1) /Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)

Kode Telepon : +218

Domain : .ly dan ليبيا.

Situs Resmi Pemerintahan : –

Jumlah Penduduk : 6.890.535 (estimasi Juli 2020)

Batas-batas wilayah Negara Libya:

  • Bagian Utara: berbatasan dengan Laut Mediterania
  • Selatan: Negara Sudah, Chad dan Niger
  • Bagian Barat : berbatasan dengan Aljazair dan Tunisia
  • Timur: Mesir

Profil Negara Libya – Bendera Libya

Profil Negara Libya

Pembagian Administrasi

Berikut adalah daftar 22 distrik di Negara Libya:

  1. Nuqat al Khams
  2. Zawiya
  3. Jafara
  4. Tripoli
  5. Murqub
  6. Misrata
  7. Sirte
  8. Benghazi
  9. Marj
  10. Jabal al Akhdar
  11. Derna
  12. Tobruk
  13. Nalut
  14. Jabal al Gharbi
  15. Wadi al Shatii
  16. Jufra
  17. Al Wahat
  18. Ghat
  19. Wadi al Hayaa
  20. Sabha
  21. Murzuq
  22. Kufra

Dalam sejarahnya, wilayah Negara Libya terbagi menjadi tiga provinsi atau Negara bagian, yaitu Tripolitania di barat laut, Barka (Cyrenaica) di timur, dan Fezzan di bagaian barat daya. penaklukan dilakukan oleh Negara Italia dalam Perang Italia-Turki yang telah menyatukan Libya dalam sebuah kesatuan politik.

Profil Negara Libya – Geografi

Luas wilayah Negara Libya adalah 1.759.540 kilometer persegi. Letak astronomis negara Libya adalah di antara 19°LU hingga 34°LU dan 9°BT hingga 26°BT.

Garis pantai Negara Libya mulai sepanjang 1.770 kilometer menjadi garis pantai terpanjang Negara Afrika di Mediterania. Wilayah Laut Tengah berada di dalam kedaulatan Libya dan disebut dengan Laut Libya.

Iklim Libya adalah didominasi iklim yang sangat kering seperti di gurun. Namun, pesisir utara memiliki karakteristik iklim Mediterania yang lebih hangat.

Profil Negara Libya – Demografi

Negara Libya cukup luas, namun populasinya lebih seikit. Populasi Libya hanya terkonsentrasi pada sepanjang pesisir utara. Sekitar 80% populasi berada di perkotaan teritama di tiga besar yaitu, Iripoli, Benghazi dan Misrata. Libya memiliki populasi sebanyak 6.7 juta jiwa.

Mayoritas penduduk Negara Libya saat ini diidentifikasi adalah orang Arab dan berbudaya Arab. Menurut hasil DNA 90% populasi Arab Libya terdiri dari Berber Arab. Sementara, Berber Libya mempertahankan bahasa dan budaya Berber.

Profil Negara Libya – Bahasa

Bahasa resmi Negara Libya adalah bahasa Arab. Berbagai bahasa Berber juag digunakan termasuk didalalnya bahasa Tamasheq, Ghadamis, Nafusi, Suknah dan Awjilah. Selain itu, bahasa Italia dan Inggris juga bisa dipahami secara luas di kota-kota besar di Libya.

Dewan Tinggi Amazigh Libya telah mendeklarasikan bahasa Amazigh (Berber atau Tamazight) sebagai bahasa resmi di kota dan distrik yang dihuni oleh etnis Berber.

Lihat Juga Pengertian Sunnah Muakkad

Agama

Sekitar 97% populasi Libya beragama Islam dan penganut Sunni. Sejumlah kecil menganut Ahmadiyah dan Ibadi yang tinggal di Libya. Sejak jatuhnya Gaddafi, aliran Islam Ultra-Konservatif dan berkembang di Negara ini.

Kristen Ortodoks Koptik merupakan Gereja Kristen Mesir yang denominasi Kristen terbesar dan paling bersejarah di Negara Libya.

Ada tiga gereja Koptik di Negara Libya, satu di Tripoli, di Benghasi dan satu lagi di Misurata. Gereja Koptik ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, karena meningkatnya imigrasi jemaat Gereja Koptik Mesir ke Libya.

Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, Negara Libya menjadikan sektor pertanian sebagai tulang punggung. Sehingga pemerintah lebih memeprhatikan pembangunan proyek irigasi dan pengolahan tanah, seperti yang terdapat di Kafra dan Tawurgha. Hasil penting ini berasal dari jelai (makanan rakyat), kurma, zaitun dan buah-buahan peras.

Lihat Juga Makanan Khas Negara Maroko

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang Negara Libya, lengkap dengan Ekonomi, agama, bahasa, geograsi dan demografinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.