Makanan Khas Negara Libya

Telukpersia – Makanan khas Negara Libya ini mirip dengan hidangan di sekitar kawasan Afrika, karena Negara ini berbatasan dengan Laut Mediterania di bagian utara hingga berbatasan dengan Sudah dan mesir di sebelah timurnya.

Beragam makanan khas Negara Libya menggunakan olahan daging sebagai bahan utamanya. Ada bermacam-macam hidangan lezat di Negara ini. berikut adalah beberapa rekomendasi masakan yang wajib Anda coba ketika berlibur ke Libya.

Lihat Juga, Profil Negara Libya

1. Hasa Adas

Makanan Khas Negara Libya

Makanan khas Negara Libya yang pertama adalah Hasa Adas. Hidangan ini cocok banget untuk Anda yang vegetarian. Dengan bahan-bahan yang digunakan berupa daging kering, lentil, wortel, bawang merah, bawang putih, tomat dan juga jintan.

Setelah makanan ini matang, hasa adas diberi hiasan bawang caramel dengan tekstru yang renyah dan manis. Anda bisa menambahkan hasa adas di atas roti panggang sebelum menyantapnya.

2. Makaruna Imbaukha

Makanan Khas Negara Libya

Makaruna Imbaukha adalah kombinasi pasta kukus, daging domba, dan saus yang terbuat dari tomat, mentega, bawang, kentang, buncis, labu dan kismis. Semnetara untuk membuanya terdiri dari bumbu-bumbu seperti cengkih, daun salam, jahe, lada hitam dan sahiba.

Makanan khas Negara Libya ini memiliki aroma rempah yang kuat dan cita rasa gurih. Sebelum disajikan, Makaruna Imbaukha diberi taburan air bunga jeruk dan kayu manis.

3. Kufta

Makanan Khas Negara Libya

Kuffa Bil Batinjal adalah hidangan khas Libya berupa makanan tradisional Arab yang dibungkus dengan irisan terung yang telah digoreng atau dipanggang. Hidangan ini sendiri terdiri daging giling, remah roti, telur, bawang, peterseli, lada hitam, pala, kayu manis dan juga bubuk cabai.

Biasanya penduduk Libya menyiram dengan saus tomat pedas dengan komposisi tomat, bawang putih, cabai, minyak zaitun. Biasanya hidangan ini dimakan dengan nasi.

4. Tajin Mahshi

Makanan Khas Negara Libya

Tajin Mashi merupakan makanan utama atau lauk. Hidangan ini terdiri dari kombinasi daging giling, nasi dan macam sayuran, seperti paprika, tomat, terung, seta cukini. Sedangkan bumbu-bumbu yang digunakan bawang, cabai, garam, merica, kunyit, jahe, dan kayu manis.

5. Couscous Bil-Bosla

Couscous Bil-Bosla

Couscous Bil-Bosla adalah hidangan yang terbuat dari campuran couscous, buncis, kentang, tomat dan daging domba. Bahan-bahan lain yang digunakan meliputi bawang, mentega, cabai dan berbagai macam bumbu rempah-rempah.

Orang-orang menyajikan couscous bil-bosla di atas piring yang berukuran besar. Tambahkan daging domba diatasnya, kemudian siram dengan saus buncis. Olahan hidangan khas Libya ini terbuat dari daging yang memiliki cita rasa lezat dengan aroma rempah yang kuah.

6. Kufta Bil Batinjal

Kufta Bil Batinjal

Hidangan Khas Libya adalah makanan yang terbuat dengan bungkusan fufta tradisional Arab dengan irisan terong. Hidangan ini diisi dengan kombinasi daging giling, bawang, remahan roti dan juga telur. Memiliki cita rasa yang nikmat, Anda bisa menambahkan peterseli, lada hitam, kayu manis, pala dan juga bubuk cabai.

Kuliner yang matang dan sempurna dibungkus dengan irisan terong yang dipanggang atau digoreng. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan saus tomat pedas yang terbuat dari bawang putih, cabai, dan minyak zaitun.

7. Makanan Khas Negara Libya – Shakshouka

Makanan Khas Negara Libya

Makanan ini tak hanya terkenal di Negara Libya, namun beberapa Negara di Afrika juga menyajikan masakan ini. Cara membuat makanan khas Negara Libya cukup simpel, karena dibuat dalam wajan yang ada bawang, tomat, dan bumbu rempah-rempah yang dimasak sampai membentuk saus tomat.

Lihat Juga, Profil dan Biodata Beby Tsabina

8. Makanan Khas Negara Libya – Bazin

Bazin

Bazin adalah sebuah sajian roti yang tidak membutuhkan ragi dalam proses pembuatannya. Makanan ini dibuat dengan merebus tepung barley dan juga garam dalam air. Setelah adonan siap dibuat, maka adonan dipukul dengan tongkat yang disebut dengan magraf sampai mengembang.

Setelah dipanggang atau dikukus, Roti ini memiliki tekstur yang keras dan biasanya dikonsumsi dengan sup berbahan dasar tomat, kentang, telur rebus, dan juga daging kambing.

9. Makanan Khas Negara Libya – Salata Mashwiya

Makanan Khas Negara Libya

Salata Mashwiya adalah makanan yang memiliki rasa pedas. Bahan-bahan pembuatannya terdiri dari tomat, paprika, bawang merah, terong, cabai pedas dan juga bawang putih.

Semua bahan dicampur secara merata dan kemudian dibumbui dengan biji jintan tanah dan juag dihiasi dengan buah zaitun dan juga tambahan telur rebus.

Demikianlah informasi tentang makanan khas Negara Libya yang patut Anda coba. Kira-kira makanan apa yang menggugah seleramu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.