Makanan Khas Negara Iran

Telukpersia – Makanan khas Negara Iran begitu populer di kawasan Negara Timur Tengah dan Eropa. Walaupun Negara ini dilanda konflik yang tidak berkesudahan, tetapi tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk melancong ke Negara Iran.

Salah satu yang menarik dari Negara ini adalah kulinernya. Memiliki cita rasa dan kaya akan bumbu, membuat makanan khas Negara Iran sulit dilupakan. Teheran sebagai ibukota Negara Iran memiliki deretan kuliner yang patut untuk dicoba. Apa saja? yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Lihat Juga, Profil Negara Iran

1. Laboo

Makanan Khas Negara Iran

Makanan khas Negara Iran yang pertama adalah Laboo. Hidangan ini berasal dari buah bit. Seperti sayuran berakar yang cukup menarik bagi sebagai orang. Tetapi jenis makanan ini justru menjadi favorit di kalangan masyarakat Iran, terumata disajikan saat musim dingin.

Ketika Anda menyambangi Teheran, jangan lupa untuk mencicipi Laboo. Anda bisa menemukan berbagai penjual Laboo di sepanjang jalan di kota Teheran. Selain itu buah bit yang telah direbus dan dikukus ini akan ditata sedemikian rupa agar terlihat menarik.

LIhat Artikel Menarik lainnya tentang, Profil dan Biodata Sarwendah Onsu

2. Baghali

Makanan Khas Negara Iran

Baghali adalah hidangan kacang fava yang diberi cuka dan dilengkapi dengan bumbu goalpara, biji angelica ini kemudian ditumbuk bersamaan. Untuk memakan kuliner ini juga tidak sembarang, Anda harus memiliki skill khusus untuk menikmatinya.

Lah kok bisa? Ya, karena Anda perlu mengupas garis hitamnya dengan gigi terlebih dahulu, kemudian meremas bagian bawah untuk mendapatkan bagian tengah dari Baghali ini. jangan lupa untuk memisahnya kulitnya. Walau terlihat ribet, tapi setelah Anda memakannya, rasanya akan membuat Anda tidak ingin berhenti makan.

3. Ash Reshteh

Makanan Khas Negara Iran

Kuliner ini terbuat dari bahan mie yang dilengkapu dengan berbagai amcam sayuran herbal dan kacang-kacangan. Selain itu, untuk bagian topingnya akan diberikan Daun mint, bawang merah goreng dan bawang putih. Makanan ini sangat cocok disajikan saat musim dingin.

4. Goje Sabz

Makanan Khas Negara Iran

Goje sabz adalah hidangan yang sangat mudah ditemukan, terutama di saat musim semi. Makanan ini seperti salah satu jenis buah plum hijau yang berukuran kecil. Untuk bisa menikmati makanan khas Negara Iran ini, Anda bisa mencampurkannya dengan taburan garam untuk menghilangkan rasa asamnya.

5. Makanan Khas Negara Iran – Jigar

Jigar

Kuliner lezat khas Negara Iran berikutnya adalah jigar. Kuliner ini merupakan kebab hati yang dipotong dan disajikan dengan bumbu tertantu. Rasanya seperti sate yang memiliki cita rasa yang lezat. Bagi Anda yang ingin menikmati makanan ini, Anda bisa menyelimuti sate dengan roti segar.

6. Balal

balal

Kuliner ini mirip dengan jagung bakar di Indonesia. Namun, yang membuanya unik adalah dimana sebelum dibakar, jagung akan dicelupkan ke wadah berisi air yang memiliki cita rasa asin. Selain itu, makanan ini dijadikan sebagai salah satu camilan saat musim dingin di Iran.

7. Makanan Khas Negara Iran – Chaghale Badum

Makanan Khas Negara Iran

Chaghale Badum adalah makanan yang berasal dari biji almond yang masih muda dimana dilapisi dengan cangkang hijau. Memiliki tekstur yang membuat makanan ini tidak terlalu keras ataupun rapuh. Untuk menyantap kuliner khas Negara Iran ini, Anda bisa mencampurkannya dengan garam supaya semakin lezat.

8. Makanan Khas Negara Iran

 – Zoolbia Bamieh

Makanan Khas Negara Iran

Hidangan yang satu ini merupakan makanan yang biasa tersaji sebagai menu berbuka puasa. Makanan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung, telur, butter, dengan campuran resep lainnya.

Untuk menyantapnya, Anda bisa menyalurkan kuliner ini ke dalam sirup yang terbuat dari gula ataupun tambahan air mawar. Sekilas makanan ini mirip dengan donat yang ada di Indonesia.

 

9. Makanan Khas Negara Iran – Safran

safran

Kuliner khas Negara Iran ini sejenis tanaman bumbu yang banyak dicari oleh para wisatawan. Bahkan safran tergolong sebagai salah satu bumbu termahal di dunia. Biasanya safran kerap dijadikan sebagai ole-ole khas Timur Tengah.

10. Makanan Khas Negara Iran – Pistachio

kacang pistachio

Hidangan terakhir yang khas dari Negara Iran adalah kacang yang begitu terkenal, dan salah satu buah tangan khas Iran. Sangat mudah menemukan kacang Piscatchio di penjuru Negara ini, baik yang sudah dikupas atau belum dikupas. Anda juga bisa menemukan ini di Grand Bazaar di Teheran.

10 hidangan khas Negara Iran, apakah sudah cukup membuat Anda penasaran dan tertarik mengunjungi kawasan Timur Tengah ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.