Fakta Menarik Negara Maroko, Ada Universitas Tertua di Dunia

Telukpersia – Fakta menarik negara Maroko untuk diketahui. Mulai dari peninggalan sejarah sampai dengan bentang alamnya. Diketahui, Kerajaan Maroko merupakan negara berdaulat di Afrika Utara.

Negara ini diperintahkan oleh banyak dinasti atau kerajaan dengan Dinasti Alaouite yang berkuasa sampai sekarang. Selain itu, Maroko menjadi pusat budaya dunia Islam pada abad pertengahan.  Selain itu, masih banyak fakta menarik negara Maroko lainnya.

Berikut Telukpersia sudah menghimpun dari beberapa sumber tentang negara Maroko. Langsung sikat ulasan di bawah ini sampai habis ya.

Fakta Menarik Negara Maroko

Berikut beberapa fakta paling menarik dari negara Maroko:

1. Memiliki Universitas Tertua di Dunia

Negara Maroko memiliki universitas tertua di dunia yang bernama Al Quaraouiyine yang beada di Kota Fez. Kampus ini didirikan pada tahun 859 oleh Fatima al-Fihri. Ia adalah seorang anak terpelajar dari seorang saudagar kaya raya.

Kampus ini berfungsi sebagai pusat pendidikan dan spiritual terkemuka dunia Muslim Arab. Banyak lulusan Arab terkenal yang mengajar di univeristas ini. kampus ini memfokuskan pembelajarannya terhadap studi hukum dan agam Islam.

Lihat Juga: Aurora Mobile Legend

2. Fakta Menarik Negara Maroko – Ibnu Batutah Berasal dari Maroko

Apakah ada pernah mendengar nama Ibnu Batutah? Ia adalah seorang cendikiawan dan penjelajah Islam terkanl yang beradal dari Maroko. Dia hidup pada abad ke-14.

Seorang cendikiawan ini melakukan perjalanan ke banyak bagian negara, termasuk juga ke Afrika Utara, Tanduk Afrika, Asia Selatan, Tengah dan Tenggara, Timur Tengah.

Segala catatan perjalannya yang bertindak sebagai harta sejarah hari ini mengungkapkan banyak tentang peradapan di abad pertengahan.

Lihat juga: Pakaian Interview Kerja

3. Fakta Menarik Negara Maroko – Maroko Didirikan oleh Kerabat Nabi

Fakta menarik negara Maroko berikutnya adalah Idris I seorang cicit nabi Muhammad SAW mendirikan dinasti Idrisid sebagai sebuah negara merdeka di masa depan.

Pada tahun 786, Idris I mengungsi ke negara Maroko, setelah dirinya melarikan diri dari medan peperangan yang dikenal dengan nama Pertempuran Fakhkh.

4. Patung Tertua ada di Maroko

Vesnus of Tan-Tan merupakan potongan batu kuarsit berbentuk manusia yang memiliki panjang 6 cm dan ditemukan pada tahun 1999 di tepi utara Sungai Draa di Maroko selama ekspedisi arkeologi.

Sebuah penelitian mengungkapkan, artefak ini beradal dari periode Acheulean Tengah, ayitu sekitar 300.000 sampai dengan 500.000 tahun yang lalu. Menurut bagian arkeolog, potongan batu telah mencapai bentuk manusia sebagai akibat dari pelapukan dan erosi alami.

5. Alun-Alun Kota Tersibuk di Daratan Afrika

Fakta menarik negara Maroko selanjutnya adalah memiliki alun-alun kota yang paling sibuk di daratan Afrika. Tepatnya berapada di kawasan Media kota Marrakesh Maroko bernama Jemaa el-Fnaa.

Baik penduduk maupun turis mengunjungi alun-alun ini karena menawarkan sekilas peradaban budaya Maroko. Yang menarik adalah melihat para penari Chleuh, pendongeng, pesulap, penjual obat tradisional, dan pawing ular yang menghibur.

6. Memiliki Rekor Ski Tertinggi di Afrika

Marrakesh di Maroko terletak sekitar 80 Km. Oukaimeden merupakan resor Ski yang tertinggi di Afrika. Lokasi ini berada di Pegunungan Atlas pada ketinggian antara 8.500 kaki dan 10.500 kaki yang memiliki lift ski.

7. Memiliki Lembah yang Menghasilkan Ribuan Bunga Mawar

Fakta menarik dari Maroko berikutnya adalah memiliki sebuah lembah terkenal di dunia yang menghasilkan mawar. Lembah itu bernama M’Goun yang dikenal sebagai Vallee des Roses.

Setiap tahunnya, lembah ini menghasilkan 3.000 hingga 4.000 ton mawar liar. Bunga mawar menjadi perokonomian yang penting abgi warga lokal. Wanita pemetik mawar akan menjualnya ke koperasi yang ada di wilayah tersebut.

Sebagain besar mawar di produksi untuk menghasilkan parfum Prancis dan sisanya digunakan untuk air mawar, sabun, dan produk kecantikan lainnya.

Setelah membaca ulasan di atas, bagaimana menurut Anda tentang negara Maroko? Tentu beberapa fakta di antaranya hanya bisa kita temukan di Maroko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.