Fakta Menarik Negara Arab Saudi

Telukpersia – Fakta menarik negara Arab Saudi sebagai salah satu negara di Timur Tengah. Banyak orang yang mengira bahwa negara yang satu ini beribukota di Mekkah, Madinah atau Jeddah. Walaupun hal tersebut keliru, namun bisa saja orang berpikir begitu, karena kota tersebut adalah yang paling terkenal di dunia.

Arab Saudi bukanlah negara asing bagi Indonesia, mengingat setiap tahunnya penduduk Indonesia berbondonng-bondong ke negara ini untuk melakukan ibadah haji atau umroh. Negara ini juga memiliki pengaruh besar terhadap kebudayaan Indonesia.

Arab Saudi juga memiliki ragam keunikan dan fakta menariknya. Berikut Telukpersia sudah merangkum dari beberapa sumber tentang fakta menarik negara Arab Saudi. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Arab Saudi Negara Pemasok Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Minyak bumi pertama kali ditemukan di negara Arab Saudi pada Maret 1938, tepatnya berada di Ladang Minyak Dammam pada kedalaman 1.440 meter. Saat ini, negara Arab Saudi memiliki cadangan minyak sekitar 17% dari cadangan minyak dunia.

Ladang minyak Ghawar merupakan salah satu dari ladang minyak terbesar di dunia yang dimiliki Arab Saudi, diperkirakan 75 miliar barel minyak tersisa di sini.

Lihat Juga: Beatrix Mobile Legend

2. Unta sebagai Hewan Bisnis

Di kota Riyadh terdapat unta terbesar di Arab Saudi yang memperdagangkan sekitar 100 unta setiap harinya. Pasar unta ini menjadi penjual unta terbesar di dunia. Lokasinya terbentang dua mil persegi di pinggiran Buraydah.

3. Memiliki Bandara Terbesar di Dunia

Fakta menarik negara Arab Saudi berikutnya adalah memiliki bandara terbesar di dunia yang bernama King Khalid International Airport. Bandara ini memiliki luas 192.000 hektare tanah dengan luas permukaan sekitar 300 mil persegi.
Bandara ini berada di Dammam, Arab Saudi.

4. Kematian Terbanyak di Usia Muda

Dua pertiga penduduk Arab Saudi meninggal di bawah usia 35 tahun. Usia ini rata-rat di sana adalah 30 tahun. Laporan terbaru, 30,3% penduduk berusia di bawah 14 tahun dan 34,7% berusia antara 15-35 tahun. Sekitar 51% dari populasi pemuda Arab Saudi adalah laki-laki.

Itulah fakta menarik negara Arab Saudi yang banyak tidak diketahui. Tunggu informasi lainnya seputar negara timur tengah dari kami. Terimakasih telah membaca ulasan ini sampai selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.