Fakta Menarik Mekkah Arah Saudi

Telukpersia – Fakta menarik Mekkah Arab Saudi yang harus Anda ketahui. Mekah dalam bahasa Arab disebut dengan Makkah Al Mukarramah, kota suci bagi umat Islam di seluruh dunia.

Kota ini berada pada jarak 450.4 kilometer dari Madinah dan 70 kilometer ke Jeddah. Sejak Nabi Muhammad SAW diturunkan ke dunia, Mekkah Arab Saudi menjadi pusat keagamaan umat muslim.

Sebagaimana kepercayaan dalam Islam, dalam rukun Islam yang ke-5 disebutkan bahwa “Wajib menunaikan ibadah haji bagi yang mampu”. Jadi, bagi mereka mengunjung mekkah adalah satu keharusan.

Dalam artikel ini, Telukpersia sudah menyiapkan ulasan tentang fakta menarik dari Mekkah Arab Saudi. Apa saja ya? Langsung saja simak ulasan di bawah ini yuk.

Fakta Menarik

Kota mekkah Arab Saudi tentunya menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi. Berikut beberapa diantaranya:

1. Mekkah Berada di Arah Saudi

Mekah adalah sebuah kota yang paling ramai dikunjungi setiap tahunnya. Apalagi jika memasuki musim haji. Kota ini berada di Arab Saudi bagian barat. terletak di Pegunungan Sarawat yang membentang sejajar dnegan pantai timur Laut Merah. Pada tahun 2021 populasi di Mekah tercatata sekitar 2.078.766 penduduk.

2. Mekah Disebut Sebagai Kota Suci

Dalam kita suci Al-Quran tertuliskan bahwa Mekkah pertama kali dihuni oleh keturunan Nabi Ismail AS, yang merupakan putra dari nabi Ibrahim AS.

Kemudian Nabi Muhammad lahir di kota ini. pada saat usianya 40 tahun, beliau diangkat menjadi nabi terakhir, hingga mendapatkan wahyu yaitu Al-Quran.

Di kota ini juga larangan keras bagi orang yang beragam non-muslim untuk menginjakkan kaki. Peraturan ketat itu dibuat oleh pemerintahan Arab Saudi.

3. Di Mekkah Terdapat Masjid Terbesar di Dunia

Fakta menarik Mekkah Arab Saudi berikutnya adalah terdapat sebuah masjid terbesar di dunia yang bernama Masjidil Haram. Masjid ini memiliki Sembilan menara. Pembangunannya dimulai pada masa Khalifah Umar Bin Khatab pada tahun 634-644 Hijriah.

Masjidil Haram dibangun di sekitar Ka’bah. Setiap umat Islam percaya bahwa kabah pertama kali di bangun oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail sebagai tempat ibadah.

Lihat Juga: Profil Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Al Thumama Stadium

4. Pusat Kiblat untuk Sholat

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa Ka’bah berada di Masjidil Haram. Seluruh umat Islam ketika melaksanakan sholat, akan mengarah ke kiblat atau letaknya posisi kabah. Dalam hal ini Kabah memiliki struktur berbentuk kubus dibangun dari batu dan marmer.

Posisi yang sedemikian rupa, sehingga keempat sudutnya sesuai dengan titik kompas. Di dalamnya terdapat tiga pilar yang menopang atap dan lentera perak dan emas yang tergantung di langit-langit.

Sepanjang tahun, kain hitam yang menutupi ka’bah atau disebut dengan Kiswah, akan diganti ketika memasuki tahun haji.

Lihat juga: Vale Mobile Legend

5. Rekor Haji

Setiap umat Islam, wajib melaksanakan ibadah haji setidaknya satu kali dalam seumur hidupnya. Haji tahunan yang dilakukan di Mekkah adalah pertemuan terbesar di dunia dengan jumlah yang melaksanakan setiap tahunnya rata-rata mencapai 2.269.145 dan jumlah terbesar pernah mencapai 3.161.573 pada tahun 2012.

Demikianlah tentang fakta menarik dari Mekkah Arab Saudi. Semoga ulasan ini membantu menambah wawasan Anda tentang dunia internasional. Terimakasih sudah membaca ulasan ini sampai selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.